Desa Semboro

Desa semboro merupakan desa kelahiranku yang terkenal dengan buah jeruknya dan pabrik gulanya. saat ini semboro sudah berubah menjadi sebuah kecamatan dengan sebutan kecaamatan Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Semboro berjarak sekitar 5 KM dari kota tanggul. dari kota Tanggul, untuk menuju desa Semboro bisa menggunakan Becak atau naik Ojek, atau bisa juga menggunakan angkot, namun khusus untuk angkot di semboro tidak beroperasional 24 jam. Kalo dari pusat kota Jember, jarak Jember – Semboro sekitar 40 Km ke arah barat, bisa naik Bis atau Colt turun di Pasar Tanggul, lalu keselatan.

Mengenai asal-usul nama desa Semboro, bisa saya ambil sedikit cuplikan dari blog mas wahibi

“Begini, dulu tempat tinggal njenengan itu daerah orang Tanggul dan mana saja cari kerja, basa jawanya “ndarung”, sehingga orang-orang sini mengatakan bahwa tempat tiu dinamai desa Pendarungan. Kemudian dalam perkembangannya datanglah pedagang-pedagang dari berbagai daerah lain utamanya dari Kediri, Jogjakarta dan lain-lain, mereka mengatakan ditempat itu dengan maksud “boro”, artinya bekerja setelah dapat hasil, lalu pulang, kembali kedaerah asalnya. Lama-kelamaan para pedagang itu ada semacam adaptasi dengan tempat njenengan, hingga akhirnya malas kembali kedaerah asal. Orang Jawa mengatakan “kesengsem olehe boro” sehingga tak pulang kampung. Waktu ada pemekaran wilayah Tanggul ini maka ditetapkan tempat njenengan itu di beri nama “SEMBORO”. Penulis naskah ini dan kawan saya Pak Suwaki dan Pak Sukardi(Semboro Lor) terkesima mendengarkan al-kisah tersebut : “Ooo ngaten ta Pak Haji. Alhamdulillah dene kok semerap critane”. 

Secara umum letak geografis Desa Semboro terletak pada wilayah dataran rendah dengan ketinggian ± 25 DPL. Secara umum batas – batas Administrasi Desa Semboro meliputi :

  • Utara          : Desa Sidomulyo, Desa Tanggul Kulon
  • Timur         : Desa Tanggul Wetan, Desa Sidomekar
  • Selatan       : Desa Umbulrejo, Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari
  • Barat           : Desa Sidorejo, Desa Gadingrejo, Desa Rejoagung

Desa Semboro memiliki luas wilayah ± 952,707 Ha. Secara umum mata pencaharian penduduk Desa Semboro dapat diklasifikasikan dalam beberapa bidang yaitu sesuai dengan table sebagai berikut :

NO

URAIAN

JUMLAH PENDUDUK

1

Pertanian

2.268

2

Industri Pengolahan

1.652

3

Konstruksi / Bangunan

602

4

Perdagangan, Rumah Makan, Jasa

392

5

Transportasi, Pergudangan dan Komunikasi

157

6

Perbengkelan

25

7

Dan lain – lain

23

Jumlah

5.119

 

Untuk lebih mengenang desa Semboro, ini ada beberapa dokumentasi :

Kereta Api Desa Semboro, Desa Semboro - Jember

Kereta Api Desa Semboro, Desa Semboro - Jember

Kereta Api Desa Semboro, Desa Semboro - Jember

 

Pasar Semboro (10 Juni 2011)

Selain memiliki Pabrik Gula yang menjadi kebanggan warga semboro, saat ini desa semboro memiliki pasar yang bisa di banggakan yaitu Pasar Semboro, pasar ini di resmikan tahun ini tepatnya pada 10 Juni 2011. Pasar ini memakan biaya pembangunan Rp 7 miliar lebih dan ditanggung oleh investor dan Koperasi BMT.

Pasar Semboro

Pasar Semboro ini memiliki 595 unit kios, dari semula hanya 243 unit kios. Pasar Desa Semboroini juga tercatat sebagai pasar termegah di antara pasar-pasar desa di kabupaten Jember dengan luas hampir seribu meter persegi. Pedagang diminta mengangsur selama 12 bulan tanpa bunga kepada Koperasi BMT untuk memiliki kios di sana.

Untuk menyemarakkan acara peresmian Pasar Desa Semboro, Kecamatan Semboro Jember, panitia mengundang budayawan gaek asal Jombang, M.H. Ainun Najib atau lebih akrab disapa Cak Nun bersama grup musical Kyai Kanjeng, Kyai asal Jombang ini dikenal dengan gaya dakwahnya yang ceplas ceplos, tanpa tedeng aling-aling mengkritik pemerintah dengan gayanya yang khas dan penampilannya yang sangat bersahaja.

Cak Nun - Pasar Semboro

 

Itu sedikit tulisan tentang semboro, nanti kalo ada waktu akan di lanjut.

Incoming search terms:

  • deskripsi tentang desa semboro kecamatan tanggul kabupaten jember
  • Asal usul desa semboro
  • hotel/penginapan didaerah tanggul semboro
  • jarak jember kota dengan semboro
  • letak astonomi semboro
  • letak geografis semboro
  • penduduk sidomulyo semboro
  • sejarah desa rejoagung
  • tanggul jember
  • harga hotel tanggul semboro