Perbedaan POP3, IMAP & SMTP

Istilah POP3, IMAP & SMTP sering terdengar ketika melakukan seting mail client baik di PC Desktop atau SmartPhone, bahakan saat ini HP dengan harga yang tidak begitu mahal pun sudah dilengkapi dengan fasilitas email.

Namun tahukah rekan” apa itu yang dimaksud dengan POP3, IMAP & SMTP ? Dalam tulisan kali ini saya akan mencoba menjabarkan apa arti 3 istilah diatas.

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

Perbandingan POP3 dan IMAP

Keterangan POP 3 IMAP
Email dapat ditinggalkan di Server Setting “leave message” harus diaktifkan Otomatis
Email beserta attachment-nya langsung di download ke local PC Otomatis Setting “Download all header and attachment” harus diaktifkan
Folder yang dibuat di Outlook otomatis muncul di Webmail dan sebaliknya Tidak Ya
Membaca email baru Cepat Ada delay sekitar 1-5 detik
Rule/Filter yang dibuat di Outlook otomatis berlaku di Webmail Tidak Hanya rule dari Webmail yang berlaku untuk Outlook
Email Backup Backup email harus dilakukan manual kecuali setting “leave message on server” diaktifkan Backup email otomatis dilakukan di server
Delete email Email yang dihapus langsung masuk ke “Deleted Folder” Email yang dihapus akan ditandai berupa garis coret pada header nya. Untuk menghapus secara permanent maka lakukan “Purge Deleted Messages”

Dari perbandingan diatas dapat dilihat bagaimana IMAP lebih baik daripada POP3 dalam untuk melakukan sinkronisi Folder dan Rule terhadap Webmail.

Untuk rekan” yang menggunakan HP lebih baik menggunakan protokol IMAP, karena dengan menggunakan protokol IMAP rekan rekan bisa set, apakah email di terima beserta attachmentnya aja atau cuma header nya saja.

Oke, Setelah mengetahui perbedaan diatas, saya harap rekan rekan bisa membedakan antara POP3 dan IMAP.

Oke, Selamat Mencoba. Thank’s

Incoming search terms:

  • apa itu pop3
  • apa itu imap
  • perbedaan imap dan pop3
  • perbedaan pop3 dan imap
  • arti pop3
  • pop3 adalah
  • beda pop3 dan imap
  • beda imap dan pop3
  • apa itu imap dan pop3
  • arti imap